10 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Psikologi

Ilustrasi. (Foto: @zenius.net)

Jurusan Psikologi saat ini cukup banyak diminati oleh para pelajar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Jurusan Psikologi yang memiliki fokus terhadap perilaku manusia sebagai manifestasi kejiwaan ini semakin berkembang pesat sehingga menjadi pilihan utama para pelajar.

Berikut beberapa alasan logis kuliah di jurusan Psikologi sebagai mana dilansir oleh psikoma.com.

 

1. Pilihan Karir yang Beragam.

Gelar sarjana Psikologi (S.Psi) diakui membuka pintu karir yang beraneka ragam karena gelar S.Psi bisa diaplikasi dalam berbagai pekerjaan seperti guru, tenaga asismen, HRD (Human Resources Development), maupun wirausahawan. Inilah yang menjadi alasan banyaknya peminat Jurusan Psikologi.

 

2. Bisa Mempelajari Diri Sendiri.

Dengan mempelajari ilmu psikologi, secara tak langsung anda mempelajari diri sendiri. Sebagaimana digambarkan oleh para motivator, bahwa mengenal diri sendiri adalah kunci kesuksesan di masa yang akan datang. dapat dikatakan, dengan masuk kuliah jurusan Psikologi, berarti anda merencanakan untuk sukses di masa yang akan datang.

 

3. Peluang dan Prospek Kerja yang Cukup Menjanjikan.

Hampir seluruh perusahaan saat ini membutuhkan seorang HRD Human Resources Development, baik perusahaan besar ataupun kecil, baik itu swasta maupun pemerintah, semuanya membutuhkan seorang HRD di perusahaannya.

 

4. Menyenangkan.

Bekerja di bidang psikologi relatif lebih dihargai oleh orang lain. Di bidang pula terkadang kita dihadapkan pada hal-hal yang menantang, namun tetap menyenangkan. Salah satu contohnya adalah, tuntutan untuk menghadapi keluhan dari orang lain yang meminta untuk mendengarkan curhatan mereka, dan lain sebagainya.

 

5. Mengubah Kehidupan Masyarakat.
Dengan gelar sebagai seorang sarjana psikologi, anda dapat membantu banyak orang. Bayangkan saja jika anda menjadi seorang psikoterapi. Orang-orang akan datang kepada anda dengan beragam keluhan. Tentu merasa akan sangat tertolong setelah melakukan sesi psikoterapi.

 

6. Mampu Mengolah dan Menganalisis Data.

Dalam dunia psikologi kita dituntut untuk menghitung, mengolah serta menganalisis data seperti pengukuran skala psikologi, psikometrik, eksperimen, dan masih banyak lagi. Dalam penghitungan psikologi, kita takkan pernah merasa bosan, karena kita tidak akan belajar secara monoton teori dengan simbol-simbol tertentu saja. Kita dituntut untuk selalu berinteraksi dengan orang lain sebelum melakukan pengolahan data.

 

7. Bagus untuk Pendidikan Lanjutan (Pascasarjana).

Bagi anda yang berminat untuk menjadi seorang psikolog, maka langkah terbaik yang harus di lakukan adalah mengambil keprofesian psikolog. Dengan mengambil jenjang lanjutan di jurusan Psikologi, anda akan memperoleh gelar psikolog di akhir gelar master anda. Disamping itu, gelar master psikolog pun sangat beragam, tergantung konsentrasi/kefokusan yang anda ambil seperti klinis, sosial, pendidikan, industri, dan lain-lain.

 

8. Bidang Spesialisasi.

Banyak orang-orang yang bertanya pada dirinya sendiri apakah sebenarnya bakat ataupun potensi yang ada dalam dirinya yang dikembangkan? Namun banyak pula yang setelah mengetahuinya, justru tak ingin untuk mengembangkannya. Di jurusan psikologi , anda akan diarahkan pada spesialisasi dan pengembangan yang dapat anda lakukan untuk kedepan. Dan pada akhirnya anda pun akan mendapatkan kesuksesan yang sangat besar.

 

9. Nilai Tambah di Tempat Kerja.

Biasanya para lulusan jurusan psikologi akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan kebiasaan mereka yang dituntut untuk selalu melakukan interaksi dengan orang di sekitarnya. Tak Cuma itu saja, kemampuan para lulusan psikologi dalam membaca situasi dan karakter individu mampu meningkatkan respek teman kerja.

 

10. Cinta.

Tak hanya di bidang pekerjaan, jurusan Psikologi dapat bermanfaat dalam hal asmara. Dengan kemampuan yang anda miliki, anda dapat dengan mudah bergaul dan berkomunikasi dengan berbagai wanita. Dari pola komunikasi itulah pada akhirnya terbentuk rasa nyaman hingga munculnya rasa cinta di dalam hati. (IR/MH)