Masyarakat Glumpang Baro Laksanakan Gotong Royong Pembersihan Saluran Persawahan

gotong royong pembersihan saluran pertanian
Masyarakat Gampong Garot kemukiman Trueng Campli Glumpang Baro melaksanakan gotong royong pembersihan saluran persawahan pada Minggu (2/4) (Foto: KPJ/Azhar)

KPJ Glumpang Baro — Menyambut musim tanam gadu tahun ini, masyarakat Gampong Garot kemukiman Trueng Campli Glumpang Baro melaksanakan gotong royong pembersihan saluran persawahan, Minggu (2/4).

Saluran yg dibersihkan tersebut dimulai dari areal Gampong Pulo Panjoe sampai jalan ujung persawahan SMA Negeri 1 Glumpang Baro.

Partisipasi masyarakat setempat dalam gotong royong tersebut sangat luar biasa,mengingat musim tanam ini diperkirakan agak sedikit kekurangan air karena seluruh daerah wilayah timur Kabupaten Pidie ikut melakukan cocok tanam serentak, yaitu Mutiara Timur, Glumpang Tiga, Kembang Tanjong dan Glumpang Baro.

Informasi yang berhasil dihimpun Kabarpidiejaya.com pada Minggu (2/4) bahwa sekitar 21 desa yang ada di Kecamatan Glumpang Baro sudah siap turun sawah untuk bercocok tanam walau curah hujan sedikit berkurang, namun masyarakat tetap mengedepankan segi pertanian sebagai sumber penghasilan utama mereka.

Ketua KTNA Pidie, Samidan Hasan S.Pd kepada Kabarpidiejaya.com mengatakan bahwa hampir seluruh kecamatan yg ada di Pidie turut ambil andil dalam cocok tanam gadu tahun ini mulai Tiro, Mutiara Barat, Mutiara Timur, Kembang Tanjong, Glumpang Tiga, Glumpang Baro dan kecamatan-kecamatan lain.

Samidan menghimbau kepada seluruh petani Pidie untuk bekerja maksimal, mulai dari pengolahan tanah, pemupukan, dan pemerawatan. Beliau juga menganjurkan petani untuk menggunakan benih unggul yang bermutu supaya produktifitas padi meningkat.

“Sumber utama mata pencaharian masyarakat kita adalah di sektor pertanian, cuma sebagian kecil masyarakat pidie yg bermata pencaharian lain. Karenanya, masyarakat harus cerdas dalam bercocok tanam seperti penggunaan benih unggul dan perawatan tanaman,” ujarnya.

Disamping itu, Keuchik Gampong Garot Bungong, Zulkifli sangat mengapresiasi keikutsertaan masyarakatnya dalam gotong royong ini.

“Dengan adanya gotong royong seperti ini, selain memudahkan masyarakat petani dalam mengairi persawahan, juga menciptakan interaksi yang baik┬ádi setiap lapisan masyarakat,” katanya dengan penuh sukacita.

 

Wartawan : Azhar

Editor: Ucoepoe