Presiden DK PBB, Liu Jieyi: Solusi Terbaik untuk Qatar dan Negara Teluk Adalah Dialog

KPJ, NEW YORK — Presiden Dewan Keamanan (DK) PBB, Liu Jieyi tidak ingin terlibat dalam konflik yang terjadi antara Qatar dengan negara-negara Teluk. Namun, ia berharap kepada negara bersangkutan untuk melakukan dialog guna menemukan solusi terbaik untuk negara masing-masing.

“Cara terbaik adalah negara-negara yang bersangkutan mencari solusi melalui dialog dan melalui konsultasi di antara mereka sendiri, karena kita tidak melihat alternatif lain untuk itu,” kata Liu.

“Apapun yang bisa dilakukan negara-negara tersebut untuk memperbaiki pagar dan untuk kembali ke hubungan tetangga yang baik, itu pasti akan disambut oleh China,” sambungnya, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (4/7/2017).

Menteri Luar Negeri Qatari Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani sendiri telah bertemu dengan anggota DK PBB pada hari Jumat lalu untuk membahas perpecahan dalam hubungan dengan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir.

Thani kabarnya telah meminta anggota DK PBB untuk mendesak negara-negara yang dipimpin oleh Saudi untuk mencabut pembatasan penggunaan wilayah udara, dan hubungan transportasi lainnya dengan Qatar.

Sumber: Sindonews.com