Budayawan dan Seniman Putra Gara Akan Garap Film Dokudrama LK. Ara

JKA, JAKARTA — Seniman dan budayawan Putra Gara, berencana akan membuat film dokudrama penyair LK. Ara. Hal itu diungkapkan Gara ketika dijumpai di kantor berita Jaringan Kabar Aceh (JKA) bersama LK. Ara usai acara Jambore Susastra Jabar 2017 di Wisma Dharmais, Bogor, Minggu (27/8/17).

“Rencana ini sebenarnya sudah 3 tahun lalu. Tapi karena kami memiliki kesibukan masing-masing, akhirnya tertunda,” ungkap Gara, novelis yang juga sutradara ini.

Lebih jauh Gara mengungkapkan, dalam pertemuannya dengan LK. Ara itu, untuk mmemantapkan lagi program yang sempat tertunda.

“LK Ara adalah salah satu penyair Aceh yang sudah banyak meninggalkan jejak karya, dan diusianya yang lebih kepala tujuh, saya berencana untuk membuat film dokudrama tentang LK. Ara,” kata penulis Novel Samudra Pasai dan Pangeran Khatulistiwa itu.

Film dokudrama LK Ara, lanjutnya, direncanakan Gara berkisah tentang sepakterjang LK Ara dalam dunia kepenyairan, yang dianggap perlu untuk didokumentasikan secara visual.

“Dalam film ini saya akan buat reka adegan saat LK Ara kecil, remaja, hingga kiprahnya dalam dunia kepenyairan. Di samping itu, kami juga akan mengexplore keindahan alam Aceh yang menjadi daya tarik tersendiri dalam film ini,” ungkap Gara.

Bukan hanya itu, tambah Gara, ia juga akan mengaitkan seni budaya Aceh dalam filmnya ini dengan menampilkan tari saman, guel, dan sebuku khas Aceh. (pp)