Penyair Aceh Ikut Sukseskan Jambore Susastra di Jawa Barat

KPJ, BOGOR – Tiga penyair dari Provinsi Aceh ikuti “Jambore Susastra Jabar 2017,” yang diselenggarakan Komunitas Seni Jawa Barat (Kosa Jabar) bersama Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB), Sabtu (26/8/2017).

Ketiga penyair Tanah Rencong itu adalah LK Ara, Mustafa Ismail, dan Pilo Poly mewakili Kabupaten Pidie Jaya.

Mustafa Ismail berdomisili di Tangerang Selatan, Banten.

Sementara LK Ara sejak enam bulan terakhir lebih banyak waktunya berada di Jakarta.

Ketiga penyair Aceh itu juga tampil membacakan puisi. LK Ara didampingi sang istri, Ine Hidayah membacakan puisi berjudul “Jejak.”

Baca puisi LK Ara dipadukan dalam nuansa ratapan “sebuku” yang dibawakan begitu syahdu.

Penyair Mustafa Ismail membacakan puisi karyanya sendiri “Tak Ada Puisi Hari Ini.”

Mustafa Ismail dikenal juga penggerak sejumlah kegiatan sastra di Ibukota, termasuk menggagasi lahirnya “Ruang Sastra” yang dihuni lebih 200 sastrawan Indonesia dalam grup WahtsApp.

Penyair Pilo Poly, yang juga Pimpinan Redaksi Kabarpidiejaya.com, juga membacakan puisi dalam iringan alat musik gitar. Penyair ini khusus datang mewakili Pidie Jaya.

Ia juga terlibat dalam banyak peristiwa sastra di Aceh dan sejumlah tempat lainnya di Indonesia.

Jambore Susastra diikuti puluhan penyair Indonesia yang datang dari berbagai daerah, seperti Aceh, Jawa Barat, Banten, NTT, Sumatera Barat, Kalimantan, dan Jawa Timur.

Para penyair asal Aceh ini senang bisa menghadiri kegiatan tersebut.

LK Ara, penyair kelahiran Takengon, Aceh Tengah, 12 November 1937 itu mengatakan, puisi adalah penyampaian ekspresi dirinya sebagai makhluk Allah SWT.

“Saya senang dengan kegiatan ini. Semoga saya masih sanggup baca puisi kapan saja dan di mana saja,” ujar penyair yang akan berulang tahun ke 80 pada 12 November 2017 mendatang. (*)