400 Guru PAUD Pijay Dilatih Tingkat Dasar

0

MEUREUDU  — Sebanyak 400 guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam lingkungan Dinas Pendidikan Pidie Jaya mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) berjenjang tingkat dasar untuk meningkatkan kompetensi guru-guru PAUD dalam proses belajar sambil bermain di PAUD.

Pendidikan Anak Usia Dini yaitu sebagai jenjang pendidikan yang sangat penting dalam mempersiapkan anak untuk mengikuti pendidikan dasar. Tujuan dari pelatihan yang diselenggarakan ini adalah mendukung peningkatan mutu layanan yang relevan dengan tuntutan masyarakat dalam upaya peningkatan mutu yang berkompeten dan memenuhi kualifikasi di bidangnnya.

Peserta dilatih berbagai materi PAUD, seperti Kebijakan Kepala Dinas Pendidikan dan Ka.BP PAUD dan Dikmas, Pengenalan Anak Berkebutuhan Khusus di PAUD, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Perkembangan Anak, Cara Belajar Anak Usia Dini, KESEHATAN dan gizi Anak Usia Dini, Etika dan Karakter Pendidikan PAUD, PERENCANAAN pembelajaran, dan Evaluasi Pembelajaran.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pidie Jaya, Saiful, M.Pd dalam sambutan pembukaannya menuturkan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengolola dan Guru PAUD tingkat dasar bagi guru PAUD ini baru pertama kali diselenggarakan di Pidie Jaya.

Saiful mengakui saat ini masih banyak guru PAUD di Pidie Jaya yang belum memenuhi standar kualifikasi dan kompetensi. Umumnya para guru yang mengajar di PAUD hanya lulusan SLTA dan S1 yang bukan bidang kejuruan pendidikan PAUD.

Selain itu juga belum mengikuti dan dibekali diklat atau pelatihan berjenjang tingkat dasar seperti yang di lakukan hari ini. Diharapkan dengan Pelatihan dasar ini, kompetensi guru bisa lebih meningkat lagi. Setidaknya memahami 10 materi dasar diklat seperti memahami konsep dasar PAUD, memahami perkembangan anak, membuat rencana pembelajaran dan mampu melakukan penilaian perkembangan anak, jelas Saiful.

Sementara di sisilain Sekretaris Dinas Pendidikan kabupaten Pidie Jaya Saifuddin, M.Pd dalam arahannya pada saat pembukaan pelatihan angkatan ke-2 di hari yang sama mengharapkan kepada semua guru yang sudah dilatih benar benar mengikuti pelatihan dengan disiplin dan ikhlas karena belajar di PAUD adalah pondasi awal bagi seetiap anak mendapatkan proses pembelajaran secara formal.

Apabila pembelajaran di awal sudah salah maka kesalahan itu juga ikut terbawa ke depan. Jadi kita mengharapkan kegiatan pelatihan ini harus betul-betul diikuti dengan serius dan tidak asal mengikuti saja sehingga kita memperoleh capaian yang maksimal, memperoleh tenaga didik berkompeten sehingga akan menciptakan pembelajaran yang baik serta melahirkan generasi emas yang berkarakter, pintanya.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh dinas pendidikan Pidie Jaya dalam rangka menciptakan para guru-guru PAUD yang lebih profesional dan memenuhi standar kualifikasi. Pelatihan ini dilaksanakan dalam 5 Gelombang, 10 angkatan, dimana disetiap Gelombang diikuti oleh 2 angkatan ditempat yang berbeda yaitu angkaten I bertempat di SDN Tepin Pukat dan angkatan 2 di SMPN 2 Meureudu yang di jadwalkan tanggal 10 Oktober 2017 s.d tanggal 24 Oktober 2017. (EM/RILIS)