DPD Bangun MUQ Pijay Senilai Rp 5,2 Milyar

MEUREUDU — Pemkab Pidie Jaya melalui Dinas Pendidikan Dayah (DPD) rencananya akan membangun Madrasah Ulumul Qur’an (MUQ) Pidie Jaya di tanah seluas 1 hektar di Gampong Rungkom Kecamatan Meureudu. Hal ini sampaikan Kadis DPD Pidie Jaya via seluler kepada kabarpidiejaya.com, Sabtu (21/10/17).

“Kita duduk bermusyawarah dan kita sudah sepakat akan membangun Madrasah Ulumul Qur’an pada 2018. Karena dana tersebut sudah diplot untuk tahun 2018,” ujar Ramli MA.

Besar anggaran yang sudah diplotkan Pemkab Pidie Jaya untuk pembangunan sekolah berasrama tersebut senilai Rp 5,2 milyar.

Rinciannya antara lain pendirian 10 unit ruang kelas belajar. Rumah guru sebanyak 6 unit. Sementara tanah seluas 1 hektar tersebut akan dikelilingi talud dan ditimbun dengan biaya Rp 800 juta untuk 10 ribu meter persegi.

“Untuk ruang kelas belajar sekitar 2,5 milyar. Untuk rumah guru sekitar 1 milyar lebih. Kemudian untuk MCK dayah dan rumah dewan guru sebesar Rp 500 juta.”

Lebih lanjut Ramli menambahkan bahwa MUQ Pijay juga akan mendapatkan bantuan dana dari Dinas Pendidikan Dayah Provinsi untuk pendirian asrama sebesar 1,5 milyar.

“Kita berharap dengan dibangunnya dayah modern tersebut nantinya kita melahirkan hafidz-hafidz Al-Qur’an Pidie Jaya sebagaimana yang dicita-citakan Pak Bupati. Idealnya para hafidz MUQ Pidie Jaya mampu bersaing untuk level nasional bahkan ke taraf internasional,” ujar Ramli penuh semangat.

Sementara itu terkait dengan alasan kepindahan dari bangunan lama di Pangwa Meucat Kecamatan Trienggadeng, Ramli menyatakan bahwa kendala di sana lahan terpisah-pisah. Namun tanah hibah yayasan untuk Pemkab Pidie Jaya tersebut nantinya akan diperuntukkan untuk hal lainnya yang positif. (EM)