FKIP Unsyiah dan Disdik Pijay Bahas Cara Tingkatkan Mutu Guru

KPJ, MEUREUDU — Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan, Dinas Pendidikan Pijay melalui Forum MGMP, malaksanakan seminar pendidikan bekerjasama dengan FKIP Unsyiah mengusung tema: Peran Pendidikan Tinggi dan Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Berbasis ICT dengan Pendekatan Saintific Menuju Pembelajaran yang Berkualitas Serta Pola Perekrutan Guru dan Sertifikasi Program Profesi Guru (PPG).

Sesepuh pendidikan Pidie Jaya Drs. Bachtiar Efendi, MBA, MM menyampaikan bahwa guru harus mempunyai manajemen pengelola keuangan diri dalam melaksanakan tugasnya selaku guru sehingga bisa fokus dalam proses pembelajaran. Karena pemerintah sudah memberikan tunjangan kepada guru berupa sertifikasi.

“Jika guru ingin bermartabat, maka bangunlah jiwa guru itu yang martabat. Dengan memprioritaskan tugas utamanya sebagai Guru, “ujar mantan kepala SMAN 1 Meureudu tersebut di Aula Cot Trieng I Kantor Bupati Pidie Jaya, Jumat (27/10/17).

Sementara itu Dekan FKIP Unsyiah Prof. Dr. Djufri, M.Si memberi wejangan bahwa pendidikan itu harus diawali dari keluarga. Kemampuan seorang guru harus selalu diasah seiring dengan perkembangan zaman. Mengingat maju-mundurnya suatu bangsa sangat tergantung oleh kualitas guru.

Mutu guru salah satu kunci utama untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah daerah, Dinas Pendidikan, sekolah dan masyarakat harus selalu bersama.

Sedangkan Kadisdik Pijay Saiful Rasyid, S.Ag., M.Pd., menyampaikan bahwa guru dengan kehadirannya dirindukan, setiap kata-kata yang diucapkan selalu menginspirasi, nasehatnya menyejukkan, guru merupakan keteladanan yang memberikan perubahan dan mewarnai seluruh kehidupan. Guru harus menjadi rahmatan bagi seluruh aspek kehidupan. (RILIS/EM)