Terjadi Polemik, Pembangunan Gedung AKN Akan Ditunda

MEUREUDU, Kabarpidiejaya.com — Munculnya berbagai protes dari masyarakat terkait pembangunan gedung Kampua Akademi Komunitas Negeri (AKN) di Pidie Jaya mendapatkan respon dari berbagai pihak. Salah satunya datang dari Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Pidie Jaya.

Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Pidie Jaya, Tgk Said Abdullah menilai, pembangunan gedung kamous AKN sama sekali tidak ada kaitannya dengan masalah agama yang belakangan banyak berhembus. Dia juga memastikan bahwa, pihaknya telah melakukan telaah terkait bantuan tersebut.

“Berdasarkan hasil telaah berita acara serah terima bantuan dari pihak yayasan Budha Tzu Chi dengan Pemerintah Kabupaten Pidie Jaya, di situ tidak ada kaitannya dengan agama. Itu murni bantuan pembangunan gedung dan ini murni bantuan sosial,” ujarnya.

Oleh karenanya, tambah Said Abdullah, dengan  polemik yang terjadi dalam masyarakat terkait pembangunan AKN, maka pihaknya menyarankan kepada pemerintah Pidie Jaya untuk menunda pembangunan itu, guna tidak terjadi gejolak lebih besar di tengah masyarakat.

“Supaya tidak terjadi gejolak dan timbul masalah di masyarakat,” kata Said Abdullah.

Sementara, hal senada juga disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pidie Jaya, Abdurrahman Puteh. Dia mengatakan pembangunan gedung AKN yang diberikan yayasan Budha Tzu Chi murni bantuan kemanusiaan dan pendidikan.

“Pada saat yayasan tersebut berencana membantu Pidie Jaya pasca gempa, pada saat itu yang belum ada donatur merupakan pembangunan gedung AKN yang juga rubuh. Makanya kita mengarahkan untuk membangun gedung AKN dan itu sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati bersama,” kata Abd Rahman.

Abdurrahman Puteh menambahkan, terkait momen seremonial peletakan batu pertana yang juga dipermasalahkan masyarakat, dia menilai itu hanyalah bersifat sementara. “Setelah acara selesai, monument peletakan batu pertama tersebut langsung dibongkar kembali,” ujar dia.

Tunda Pembangunan AKN

Terpisah, Wakil Bupati Kabupaten Pidie Jaya, Said Mulyadi dalam sebuah kesempatan konferensi pers mengatakan, dengan adanya polemik atas pembangunan gedung AKN, maka pemerintah Pidie Jaya untuk sementara akan menunda pembangunan itu.

“Kelanjutannya pembangunan tersebut untuk sementara waktu akan ditunda, dan saya sudah berkoordinasi dengan pihak yang membangun gedung AKN tersebut,” jelasnya. []