Masyarakat di 10 Desa Kecamatan Panteraja Terima Dana Program Keluarga Harapan

PANTERAJA, Kabarpidiejaya.com — Sejumlah 438 Kepala Keluarga (KK) di 10 Gampong kecamatan Panteraja, Kabupaten Pidie Jaya mendatangai kantor kecamatan setempat untuk pengambilan dana Program Keluarga Harapan (PKH).

Camat Panteraja, Nasri, SE, mengatakan penyaluran PKH di kecamatan Panteraja baru pertama kali dilakukan. Penyaluran itu terlaksana atas kerjasama antara pendamping PKH Kabupaten Pidie Jaya dengan kantor kecamatan setempat.

“Kepada setiap warga yang berhak menerima PKH diberikan Rp 500.000 per KK. Untuk kali pertama, dana tersebut disalurkan kepada 10 Gampong (Desa) yang ada di kecamatan Panteraja,” kata Nasri saat ditemui Kabarpidiejaya.com di ruangannya, Rabu 14 Maret 2018.

Nasri mengingatkan, adapun bantuan tersebut harus dipergunakan sebaik mungkin oleh warga yang mendapatkannya. Menurutnya, bantuan itu harus benar-benar diperuntukkan untuk dana pendidikan dan kesehatan.

“Jangan nanti suami-istri datang ke sini ambil PKH dan membagi uang itu untuk mereka. Kalau ketahuan, nama mereka akan dicoret dan tidak mendapatkan dana PKH lagi,” kata Nasri.

Sebelumnya, program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian dana tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan dengan melaksanakan kewajibannya.

Program ini secara internasional dikenal sebagai program conditional cash transfers (CCT) atau program Bantuan Tunai Bersyarat. Persyaratan tersebut dapat berupa kehadiran di fasilitas pendidikan (misalnya bagi anak usia sekolah), ataupun kehadiran di fasilitas kesehatan (misalnya bagi anak balita, atau bagi ibu hamil), sesuai Pedoman Umum Bantuan Siswa Miskin (BSM) Kemendikbud dan Kemenag. [] (Safrizal)