Laga Persahabatan, Celebrity FC Lantak Blogger United 4-1

Skuat Celebrity FC dan Blogger United berfoto bersama sebelum melangsungkan pertandingan persahabatan yang diselenggarakan Allianz Indonesia di Lapangan Pertamina, Simprug, Jakarta Selatan, Minggu, 1 Juli 2018, kemarin.

Kami tiba di lapangan bola kaki Pertamina Simprung di bawah terik matahari yang menyengat. Angin serasa mati di sana. Tapi, semangat, entah kenapa menjalar bagai api membakar kayu-kayu di atas gunung yang di dingin.

Di bawah terik itu, saya berpikir, apa benar pukul 14.00 WIB pertandingan persahabatan antara Celebrity FC versus Blogger United yang disponsori Allianz Junior Football Camp 2018 akan dilaksanakan? Betul saja, pertanyaan saya itu terjawab saat salah satu panitia AJFC mendekati kami.

“Mas Zul, siapa saja dari blogger dan wartawan akan ikut main nanti,” tanya perempuan itu kepada Ketua rombongan, Bang Zulfikar nyaris menyentak. Namun, keadaan itu berhasil di atasi. Sebab beberapa kawan dari blogger menunjuk tangan tanda bersiap, itulah saya sendiri.

Meskipun sudah lama tidak main bola, (mungkin 20 tahun lebih) saya tak peduli. Sebab saya telah menyiapkan berbagi perlengkapan Sabtu lalu. Sepasang sepatu, dan sepasang celana merk KW 1000, adidas. “Sebentar ya Mas Zul, kami siapkan dulu seragamnya,” perempuan tadi melenggang pergi. Dan saat itu, saya langsung menebak bahwa, sepasang seragam bola yang saya bela-bela-in beli di pasar Poncol tak akan terpakai. Ugh!

Saat itu, di tengah lapangan, sebuah peluit panjang berbunyi. Artinya, lapangan akan kosong melompong. Dan, kemudian panitia menyerahkan setumpuk baju baru berwarna stabilo yang menyala kepada kami.

Suasana masih panas saat itu. Tapi kami harus segera bergegas sebab semua personil sudah lengkap dan siap merumput di lapangan yang aduhai. Saya, berkesempatan masuk pada babak kedua permainan, yang saat itu sudah dibobol 1-0 oleh Celebrity FC lewat tendangan Darius Sinatra.

Pertandingan seru dan panas ini sempat diwarnai dengan beberapa penganggaran yang dilakukan tim Blogger United. Tak lama berselang, ajang persahabatan AJFC 2018 ini kembali meriah. Gol kembali diraih Celebrity FC yang membuat gawang Blogger United kembali bobol 2-0.

Kali ini, gawang Blogger United dilibas oleh tendangan penyanyi asal Medan, Judika. Itu artinya Blogger United harus segera mengubah teknik penyerangan yang hanya mengandalkan penyerang gelandang kanan dan tengah.

Pun demikian, usaha tim Blogger United akhirnya membuahkan hasil. Gawang yang dijaga dari Celebrity FC akhirnya berhasil dibobol oleh tendangan ciamik dari tim Blogger United, yang dicetak oleh Emir, alumni AJFC 2017.

Pada menit-menit akhir, Celebrity FC kembali membakar lapangan bola kaki Pertamina Simprug dengan sebuah tendangan yang lagi-lagi dihasilkan oleh tendangan dari Judika. Hingga peluit panjang dibunyikan, Celebrity FC tetap unggul dengan angka 4-1 tanpa berhasil dibobol kembali.

Meskipun ada beberapa kali kesempatan bagi anak-anak Blogger United, tapi kesempatan itu selalu dapat dianulir oleh pertahanan Celebrity yang kokoh.

Di sisi lain, di tribun utama. Tampak anak-anak remaja yang saya taksir belasan tahunan masih duduk dengan tertib sambil menyaksikan permainan Celebrity FC melawan Blogger United. Itulah anak-anak yang tengah berjuang untuk lolos sebagai salah satu peserta yang akan mendapatkan pelatihan langsung dari pelatih-pelatih profesional dunia.

Anak-anak ini, tentu saja tengah begitu berdebar karena pada sore itu juga, setelah laga persahabatan antara Celebrity FC versus Blogger United, akan diumumkan sembilan pemenang yang akan mendapatkan kesempatan untuk berlatih dengan pelatih profesional.

Bahkan, dua orang diantaranya akan dipilih dengan sistem vote untuk diberangkatkan ke German dan dilatih langsung oleh pelatih FC Bayern Munchen, Niko Kovak. Selebihnya akan diberangkatkan ke Bangkok dan Thailand.

Head of Market Management Allianz Indonesia, Karin Zulkarnaen mengatakan, hingga saat ini pihaknya telah punya 40 an anak remaja Indonesia yang berbakat di bidang sepak bola. Ke 40 anak remaja ini tersebar di selauh klub-klub bola.

“Dua anak yang tengah cidera, jadi izin tidak latihan dulu. Saya juga menekankan agar cepat sembuh sebab kasihan kalau tidak main karena jago. Apalagi mereka ini dipuji-puji oleh pelatih Bayern Munchen,” kata Karin saat menghampiri kami setelah selesai berlaga.

Karin menambahkan, untuk saat ini dia berharap orang tua remaja-remaja yang anaknya berbakat main bola agar diberikan kursus bahasa inggris kepada anaknya. Sebab jika anaknya terpilih menjadi salah satu peserta yang akan diberangkatkan ke luar negeri akan sangat berguna.

“Dulu saya Pernah terjemanih soalnya karena anak-anak ini ga gitu bisa bahasa inggris tapi pelatihnya pingin ngomong ke mereka. Akhirnya saya kumpulin dan terjemahin kepada mereka. Pelatihnya itu bilangnya anak-anak Indonesia itu secara skill bagus sekali, tapi kurang pada bahasa jadi agak susah diberikan intruksi,” katanya.

Oleh karena itu, ayo dukung mereka dengan memberikan voting di: https://ajfc.allianz.co.id/