Siapa Penerima Anugerah Sastra Litera 2018?

PAMULANG, Kabarpidiejaya.com | Portal Sastra Litera (Litera.co.id) hari ini, Jum’at, 27 Juli 2018 pukul 14.00 WIB akan menggelar acara Anugerah Sastra Litera 2018 di Resto Anggrek, Jalan Raya Victor, Buaran, Serpong, Tangerang Selatan.

Penyerahan Anugerah Sastra Litera tersebut telah melewati berbagai proses. Dari pengumpulan karya, hingga seleksi final untuk menentukan kelayakan setiap karya untuk mendapatkan Anugerah Sastra Litera.

Adapun kurator yang melakukan kurasi terhadap karya-karya tersebut adalah Iwan Kurniawan, Mustafa Ismail, dan Mahrus Prihany. Bulan lalu, hasil kurasi tersebut telah diumumkan kepada publik. Terdapat 20 puisi dan 14 cerpen yang terpilih dan akan dibukukan, sekaligus pengumuman penerima Anugerah Sastra Litera 2018.

Salah satu kurator, Mustafa Ismail mengatakan, dari ratusan puisi dan puluhan cerpen yang diseleksi dengan kurator lainnya, dia mengaku bahwa pihaknya tidak banyak menemukan karya di bawah standar estetika sastra.

“Meski seleksi Litera cukup longgar, namun karya-karya yang mereka muat masih bisa tergolong bermutu,” katanya, Kamis 26 Juli 2018, kemarin.

Dia menambahkan, diskusi untuk menentukan penerima Anugerah Sastra Litera 2018 sempat alot sebab setiap kurator punya argumen masing-masing dalam mempertahankan nilai setiap karya yang telah diajukan.

“Masing-masing kurator mengajukan argumennya untuk mempertahankan nilai yang diberikan,” ujar panyair kelahiran Tringgadeng, Pidie Jaya itu.

Pun demikian, tambahnya, perdebatan alot tersebut diakhiri dengan kesepakatan untuk memilih empat puisi dan empat cerpen pilihan.

Siapa saja nama empat puisi dan empat cerpen yang masuk dalam Anugerah Sastra Litera 2018? Kita tunggu, ya! ***