Wiro Sableng Back!

Rasanya, tidak berlebihan jika serial Wiro Sableng yang tayang pada era 1990an menjadi salah satu silat yang hingga saat ini masih dikenang banyak kalangan. Bahkan, film laga ini kabarnya belum ada yang berhasil menyaingi dari berbagai sisi. Baik cerita, plot, kekuatah tokoh, dan sebagainya.

Saya masih ingat betul, dulu, ketika hari Minggu tiba, saya dan beberapa teman sangat antusias menonton film ini. Bahkan sampai berdesak-desakan di rumah tetangga dengan sahabat lain. Waktu itu, belum semua rumah memakai televisi berwarna. Bisa dibayangkan serunya? Duh!

Menonton film ini, saya hampir menghapal semua tokoh, meskipun yang bisa saya ingat saat ini hanya beberapa, itu pun yang membekas kuat dalam ingatan saya karena hebatnya sosok tokoh yang dibangun Bastian Tito, ayah dari @vinogbastian_ seperti Kakek Segala Tahu, Kamandaka, Rara Murni, Guru Wiro Sableng Sinto Gendeng, Suci, Werku Alit, Dewa Tuak, Bagaspati, hingga Anggini.

Keberadaan film laga ini tentu sangat menghibur bagi kami. Kadang, kami suka memerankan tokoh-tokoh film ini dalam berbagai kesempatan. Baik itu saat bermain dengan teman-teman, atau saat sedang istirahat di tempat pengajian. Saya, entah kenapa, dulu sangat suka dengan tokoh Dewa Tuak. Asal memerakan tokoh ini, rasanya saya begitu bebas mengekspresikan gaya saya.

Tokoh Dewa Mabuk ini, dulu diperankan oleh Tiyo B. Sosok satu ini paling nyeleneh di antara tokoh lain. Tapi, dia juga salah satu pendar di serial Wiro Sableng Kapak Geni 212 yang paling sakti mandraguna. Sosok ini menjadi tokoh yang paling saya tunggu selain Wiro Sableng sendiri.

Sebentar lagi, film ini akan naik di bioskop. Meskipun begitu, tak semua tokoh lama akan bermain lagi. Tokoh-tokoh pemaran lama di atas, akan diganti oleh pemeran baru seperti Dewa Tuak yang dulu dipernahkan Tiyo B, dalam Wiro Sableng reborn Agustus nanti akan diganti oleh Andi Riff.

Begitu pula dengan pemeran lainnya seperti Kakek Segala Tahu yang dulunya diperankan Nano Asmarandono, kini diganti oleh Yaya Undru. Pemeran Kamandaka, diganti oleh Dwi Sasono. Dulu, tokoh ini dipernakan oleh Boy Irsandi. Begitu pula Rara Murni, akan dipernahkan oleh atlet taekwondo, Aghinny Haque.

Sedangkan Ibu Wiro yang dulu diperankan oleh Diah Permatasari bernama Suci, akan diperankan oleh Happy Salma. Dia dianggap paling layak menjadi Ibu Wiro.

Terakhir, adalahGuru Wiro Sableng Sinto Gendeng, yang dulu diperankan Tien Kadaryono. Kali ini, posisi Tien akan digantikan oleh Ruth Marini!

Begitu pula dengan Werku Alit, Bagaspati, hingga Anggini, yang akan diganti oleh pemeran-pemeran baru yang penuh energik dan gila! #Siapsableng pada tanggal 30 Agustus 2018, ga nih? Banget!