Pidie Jaya Akan Kukuhkan 400 Kader Pemuda Anti Narkoba

MEUREUDU, Kabarpidiejaya.com | Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) bekerjasama dengan Generasi Muda Desa Nusantara (Gema Desantara) menyelenggarakan pelatihan Pemuda Anti Narkoba Tahun 2018. Kali ini, pelatihan tersebut diselenggarakan di Aula Kemenag Pidie Jaya, setelah sebelunnya digelar di Aceh Jaya, Minggu, 16 September 2018 lalu.

“Kabupaten Pidie Jaya siap menjadi kabupaten percontohan bebas narkoba. Kami memberikan apresiasi yang besar kepada Kemenpora karena telah memberikan perhatian kepada Pidie Jaya dengan melaksanakan pelatihan kader anti narkoba,” kata Wakil Bupati Pidie Jaya dalam sambutannya, Rabu, 19 September 2018.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Wabub mengatakan pihaknya siap bekerjasama dengan pemerintah pusat dalam rangka pembangunan segala bidang terutama pelatihan pemuda anti narkoba.

Asisten Deputi I Bidang Peningkatan Wawasan Pemuda dan Olaharga, Arifin Majid mengatakan bahwa, program ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah khususnya Kemenpora RI yang sudah mencapai tahun ketiga. Diharapkan, Kader pemuda anti narkoba di Pidie Jaya dapat berpartisipasi aktif dalam pencegahan narkoba.

“Ini sudah tahun ketiga. Jawa sudah selesai semua, Sulawesi Selatan dan Banten sudah. Ada 10 provinsi. Tahun ini Aceh, Jakarta dan Bali menjadi provinsi proritas. Ketiga daerah tersebut dinilai sebagai daerah rawan penyalahgunaan narkoba. Kita tahu Aceh ini narkobanya masih rawan walau sudah bagus penanganannya seperti Bali,” tutur Arifin Majid.

Sementara itu, Ketua Dewan Konsilidasi Nasional Generasi Muda Desa Nusantara (DKN Gema Desantara), Jaelani, menitipkan pesan kepada Kader Pemuda Anti Narkoba di Kabupaten Pidie Jaya agar serius mengikuti kegiatan Pelatihan Kader Pemuda Anti Narkoba dari awal sampai akhir.

“Dengan tekad yang kuat, bekerja keras, dan beraktivitas kreatif guna memerangi penyalahgunaan untuk diri sendiri, keluarga, dan lingkungan umumnya di Kabupaten Pidie Jaya”, ujarnya.

Diketahui, pelatihan yang dijadwalkan berlangsung hingga 23 September itu, dilaksanakan di lima kabupaten berbeda, meliputi Kabupaten Aceh Jaya, Bireun, Banda Aceh, Pidie, serta Kabupaten Pidie Jaya. Peserta Pelatihan Kader Pemuda Anti Narkoba di Kabupaten Pidie Jaya sendiri ada sebanyak 400 kader yang dibagi menjadi dua pertemuan, hari pertama peserta yang dikukuhkan sebanyak 200 kader dan hari kedua sebanyak 200 kader pemuda Pidie Jaya. (P01)