Akibat Banjir dan Longsor, Rumah Warga Tertimbun

PIDIE, Kabarpidiejaya.com | Curah hujan yang tinggi di Kabupaten Pidie sejak sepekan terakhir tidak hanya menyebabkan banjir, tapi juga longsor. Seperti yang menimpa rumah Bakhtiar (60) warga Desa Blang Bungong, Kecamatan Tangse, Jumat (16/11) malam.

Posisi rumah Bakhtiar yang tertimbun longsor ini persis berada di kaki tebing bukit di desa tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa saat peristiwa tersebut berlangsung. Pemilik rumah beserta keluarga telah meninggalakan lokasi sesaat sebelum longsor menimpa rumah mereka.

“Kami sudah dirumah saudara ketika longsor,” ucap Bakhtiar, saat diwawancarai di rumahnya, Minggu (18/11) siang.

Bahktiar menceritakan, setelah mengetahui kejadian tersebut dia langsung bergegas balik kerumah dan mendapati rumah dan seisinya telah tertimbun longsor.

Dua sepeda motor miliknya juga ikut terseret oleh kuatnya dorongan timbunan longsor hingga ke pinggir hulu. “Semua kenak longsor ngga bisa diselamatkan, dua kereta saya juga ikut tertimbun,” katanya.

Rumah kayu yang berukuran sekitar 6×8 meter itu juga bergeser dari posisi semula yang awalnya berjarak 3 meter dari jalan rabat beton kini menjadi 6 meter.

Bakhtiar mengaku hingga Sabtu sore belum menerima bantuan apapun dari Pemerintah setempat. Ia berharap Pemerintah dapat membantu memperbaiki rumahnya yang telah hancur.

Laporan Safrizal S